Mendefinisikan
Inovasi Pelanggan (Consumer Innovativeness)
Saya sering
ditanya apa yang saya maksud ketika saya menggunakan frase "Inovasi
Pelanggan". Berikut penjelasan saya: Inovasi pelanggan menggabungkan
sejumlah konsep dan praktek-praktek yang membantu organisasi mengatasi
tantangan pertumbuhan di usia pelanggan diberdayakan dan aktif (baik bisnis dan
konsumen). Ini menuntut pendekatan baru untuk inovasi dan strategi pembuatan
yang menekankan pengembangan kemampuan yang cepat, belajar cepat, eksperimen
yang sedang berlangsung dan tingkat yang lebih besar dari kolaborasi
nilai-penciptaan. Pelanggan inovasi dampak pada semua kegiatan berikut, fungsi
dan disiplin:
- Strategi pemasaran dan manajemen
- Merek strategi dan manajemen
- Strategi komunikasi
- Pengalaman pelanggan desain dan pengiriman
- Manajemen hubungan pelanggan
- Layanan pelanggan desain dan manajemen mutu
- Pasar-sensing dan pembelajaran konsumen
- Pasar dan segmentasi pelanggan
- Kreativitas dan manajemen pengetahuan termasuk riset pasar
- Partner dan kolaborasi pelanggan
- Organisasi keselarasan dan tujuan (nilai-nilai, perilaku dan keyakinan)
- Inovasi strategi dan manajemen
- Inovasi penilaian, pengukuran dan prioritas
- Strategi pembuatan
Bagi saya inovasi pelanggan tidak hanya perspektif penting pada
nilai-penciptaan namun strategi disiplin seluruh organisasi baru yang harus
merangkul jika mereka ingin mengejar pertumbuhan sukses di masa depan. Dengan
kata lain, inovasi pelanggan dampak cara mendasar dimana nilai dibuat dan
pertumbuhan berkelanjutan. Salah satu kesulitan yang saya temui ketika
menjelaskan konsep adalah bahwa "Inovasi" kata tradisional dikaitkan
dengan produk dan teknologi. Ada bagian di The Edge Hanya Berkelanjutan oleh
Hagel dan Seely Brown yang fasih mendefinisikan Inovasi dari perspektif
organisasi dan strategis yang lebih luas:Kami menggarisbawahi pentingnya
inovasi tapi kita menggunakan istilah yang lebih luas daripada sebagian besar
eksekutif. Eksekutif biasanya berpikir dalam hal inovasi produk sebagai dalam
menghasilkan gelombang berikutnya dari produk yang akan memperkuat posisi
pasar. Tapi produk yang berhubungan dengan perubahan hanya satu bagian dari
tantangan inovasi. Inovasi harus melibatkan kemampuan, sementara itu dapat
terjadi pada tingkat produk dan jasa, juga dapat melibatkan inovasi proses dan
bahkan inovasi model bisnis, seperti unik mengkombinasikan sumber daya, praktek
dan proses untuk menghasilkan arus pendapatan baru. Sebagai contoh, Wal-Mart
diciptakan kembali model bisnis ritel dengan mengerahkan format big-box ritel
menggunakan jaringan logistik yang canggih sehingga bisa mengirimkan barang ke
daerah pedesaan dengan harga yang lebih rendah.Inovasi juga dapat bervariasi
dalam lingkup, mulai dari perbaikan reaktif terhadap terobosan fundamental .
Salah satu wajah eksekutif tantangan terbesar adalah untuk mengetahui kapan dan
bagaimana untuk melompat dalam inovasi kemampuan dan kapan harus bergerak cepat
di sepanjang jalur yang lebih bertahap. Inovasi, seperti yang kita
mengartikannya secara luas, akan membentuk sifat dari perusahaan dan hubungan
di seluruh perusahaan, yang mengarah ke lanskap bisnis yang sangat berbeda.
Contoh untuk innovativeness konsumen
Sebagai
contoh, berdasarkan penelitian ini, Tellis, yang memiliki pengalaman
meluncurkan produk baru melalui jasa lalu sebagai manajer pengembangan
penjualan di Johnson & Johnson, direkomendasikan bahwa bisnis mempekerjakan
"strategi air terjun" (yaitu, sebuah rilis country-to-negara yang
berjenjang ) versus "strategi sprinkler" (semua pada satu waktu)
untuk produk baru, pastikan untuk pendekatan mereka bervariasi tergantung pada
negara dan kategori produk.Pemerintah dapat menerapkan penelitian ini ketika
memperkenalkan produk baru, seperti mobil hemat bahan bakar, dan pelayanan
kepada warganya. "Studi ini mengatakan kepada mereka siapa yang harus
menargetkan pertama di mana daerah," kata Tellis.Konsultan manajemen
perusahaan AT Kearney didanai pengumpulan data penelitian, sementara Don
Murray, ketua eksekutif Profesional Global Resources, menyediakan hibah tahunan
kepada USC Marshall Pusat Inovasi Global, yang dibayar untuk analisis data.
sumber
:
http://cindrapratama.blogspot.com/2012/11/consumer-innovativeness_12.html
NAMA
: Ratu Gingga Mentari
NPM
:15210675
KELAS
: 3EA18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar