Consumer Ethnocentrism
Adalah
konsep psikologis yang mengacu pada individu yang percaya bahwa produk negara
mereka lebih unggul negara-negara lain. Konsep ini juga menjelaskan konsumen
dalam satu pemikiran negara yang membeli produk di negara lain tidak bermoral
atau tidak karena hal itu adalah tidak patriotik. Ini adalah kepercayaan umum
di antara kelompok-kelompok yang menunjukkan tanda-tanda etnosentrisme konsumen
yang membeli produk buatan luar negeri berarti tidak mendukung ekonomi dan
pasar kerja dari negara asal.
Contoh :
Konsumen
yang cenderung kurang etnosentris adalah mereka yang masih muda, mereka yang
laki-laki, orang-orang yang berpendidikan lebih baik, dan mereka dengan tingkat
pendapatan yang lebih tinggi. Karena faktor-faktor penentu
etnosentrisme konsumen dapat bervariasi dari satu negara ke negara dan budaya
ke budaya. Di Turki, patriotiotisme ditemukan motif yang paling penting
untuk etnosentrisme konsumen. Diteorikan, adalah karena budaya kolektivis
Turki, dengan patriotisme menjadi ekspresi penting dari kesetiaan kepada
kelompok. Di Republik Ceko lebih individualistis, perasaan
nasionalisme berdasarkan rasa superioritas dan dominasi muncul untuk memberikan
kontribusi yang paling penting untuk etnosentrisme konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar