Selasa, 23 Oktober 2012

analisis jurnal kepuasan pelanggan 2

Tema          : Kepuasan pelanggan
Pengarang   : Endang wijayanti
Tahun         : 2006
Judul           : pengaruh harga dan kulitas produk terhadap keputusan pembelian                      toyota kijang

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan
peningkatan peradaban manusia menyebabkan persaingan yang semakin
ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap perusahaan untuk
menciptakan keunggulan. Syarat yang harus di penuhi oleh suatu perusahaan
agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk
menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai,
maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan
barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas
(reasonable). Dengan demikian setiap perusahaan harus mampu memahami
perilaku konsumen pada pasar sasarannya, karena kelangsungan hidup
perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan
dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya.
Apabila perusahaan sudah menetapkan strategi pemasarannya khususnya
dalam kebijakan harga maka konsumen akan mempelajari, mencoba, dan
menerima produk tersebut. Proses penerimaan konsumen pada suatu produk
akan diimplementasikan dalam suatu bentuk keputusan pembelian.
Toyota pun dipersepsikan memiliki kualitas produk yang tidak kalah
baiknya.

PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan kenyataan yang ada di masyarakat, ternyata produk
Toyota Kijang sangat diminati oleh konsumen, tetapi ada saja hambatan
konsumen dalam hal keputusan pembelian, seperti konsumen setelah melihat
produk Toyota ada yang tidak langsung membeli, tetapi ada banyak hal yang
perlu dipertimbangkan. Faktor yang menjadi penyebabnya antara lain adalah
harga yang ditawarkan perusahaan kurang pantas, kualitas produknya tidak
sesuai dengan harga produk tersebut.

 TUJUAN PENELITIAN
 Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah:
a. Untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap harga dan
kualitas produk PT. Nasmoco Kaligawe Semarang.
b. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco Kaligawe.
c. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap
keputusan pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco Kaligawe.
d. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian Toyota Kijang pada PT. Nasmoco
Kaligawe Semarang.

METODELOGI

DATA DAN SUMBER DATA
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Toyota Kjiang di PT. Nasmoco Kaligawe Semarang pada tahun 2005.

VARIABEL PENELITIAN
  1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
  •  observasi
  • kuesioner
  • studi pustaka.
2.Teknik pengolahan data dengan 
  • editing
  •  coding
  •  tabulasi.

MODEL PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatori, yaitu suatu penelitian yang
bertujuan untuk menguji hipotesis tentang hubungan antara variabel yang diteliti
dan hipotesis yang dirumuskan.

HASIL PENELITIAN
Dalam penelitian ini, variabel harga terdiri dari 3 pertanyaan (indikator),
jawaban dari setiap item pertanyaan memiliki jenjang skor 1 – 4 dengan kategori
sangat mahal, mahal, murah, dan sangat murah. Kemudian dari skor masingmasing
item pertanyaan dijumlahkan untuk mendapatkan akumulasi skor.
Berdasarkan tabel frekuensi pada keseluruhan total indikator variabel harga,
memiliki skor terendah sampai dengan yang tertinggi yaitu 3 – 12, dengan
memperhatikan lebar interval (I)
 
KESIMPULAN

1. Harga yang ditawarkan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang masih
tergolong mahal karena apabila dibandingkan dengan harga produk
pesaing masih tergolong tinggi, tetapi harga bila dibandingkan dengan
kualitas produk yang ada tergolong murah, karena kualitas produk yang
ditawarkan perusahaan baik dan sebanding atau cocok dengan harganya.
2. Kualitas produk yang ditawarkan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang
tergolong baik dan berkualitas, baik dari keawetan/ketahanannya dilihat
dari kualitas mesinnya, kualitas desain/bentuknya, kualitas warna
kendaraannya, kualitas kelengkapan perlengkapan (tombol-tombol)
kendaraan maupun kualitas dilihat dari keistimewaanya dibandingkan
dengan kendaraan yang lain, misalnya keiritan bahan bakar, kecepatan
larinya baik, suara mesinnya tidak bising, kelapangan ruangan,
kenyamanan sewaktu dikendarai, harga purna jualnya tinggi, mudah
perawatannya, kelengkapan keamanan kendaraan. Sehingga ini yang
menjadikan pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian
kendaraan.
3. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi beberapa faktor, tetapi
faktor yang sangat mempengaruhi adalah harga dan kualitas produk. Dari
penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas
produk lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibandingkan
dengan harga. Tingkat keputusan pembelian yang kurang tinggi
merupakan indikasi terjadinya ketimpangan antara kenyataan yang terjadi
dengan apa yang diharapkan responden
4. Terdapat hubungan positif antara harga terhadap keputusan pembelian
5. Terdapat hubungan positif antara kualitas produk terhadap keputusan
pembelian
6. Terdapat hubungan positif antara harga dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar