Bagaimana
menggunakan segmentasi dalam strategi pemasaran?
Di dalam
sebuah strategi pemasaran terdapatlah suatu segmentasi untuk mencapai suatu
pencapaian hasil yang telah direncanakan. Sebelum mengetahui definisi dari
segmentasi pasar, terlebih dahulu mengetahui apa arti dari segmentasi itu
sendiri. Segmentasi merupakan membagi sesuatu ke dalam segmen-segmen tertentu. Dan
untuk arti dari segmentasi pasar yaitu suatu strategi dengan membagi target yang
telah di tentukan ke dalam suatu kelompok kepada konsumen yang memilki
kebutuhan umum yang sama.
Haruskan di perlukan segmen?
Segmentasi
pemasaran sangatlah di perlukan apabila ingin mencapai target pasar yang luas. Apalagi
di era globalisasi ini, sangat diperlukan untuk bersaing lebih unggul dalam
memasarkan produknya di dunia bisnis internasional. Di dalam suatu perusahaan,
seorang manager bertugas dalam mengatur bagaimana suatu strategi pemasaran pada
segmen-segmen yang telah ditentukan dapat mencapai target yang telah
disepakati. Penting sekali bagi seorang manager untuk mengerti apa sajakah yang
dibutuhkan secara umum para konsumen dalam merancang strategi pemasaran yang
efektif. Dengan begitu tugas perusahaan adalah mengerti bagaimana mana untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kebutuhan para konsumen memang
berbeda-beda tapi secara keseluruhan umum mereka menginginkan mutu dan kualitas
yang terjamin.
Bentuk
yang paling spesifik dari segmentasi adalah dengan menganggap setiap
konsumen/pembeli sebagai suatu segmen. Ini adalah dasar dari pemasaran one-to-one. Segmentasi yang
sangat spesifik semacam ini bisa dilakukan untuk berbagai produk dan jasa yang
terus berkembang karena adanya teknik untuk menyesuaikan produk dan jasa
tersebut secara masal. Ini adalah pendekatan baru yang sangat bagus untuk dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan unik dari para konsumen.
Produk-produk
yang didesain secara khusus mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
dengan harga yang sebanding dengan produk-produk yang diproduksi masal lainnya.
Penggunaan sistemCustomer Relationship Management (CRM) yang semakin meningkat
mampu mengintegrasikan semua informasi tentang setiap konsumen ke dalam satu
lokasi, sehingga menghasilkan peluang-peluang baru untuk mempelajari kebutuhan
konsumen dari karakter dan perilaku belanja mereka yang sebenarnya.
NAMA :
Ratu gingga mentari
NPM :
15210675
KELAS : 3EA18
TUGAS :
Bagaimana menggunakan segmentasi dalam strategi pemasaran?
SUMBER :
http://managedaily.co.id/column/index/category/sales_marketing/2497/0
http://aldiansyahjids.blogspot.com/2012/10/bagaimana-menggunakan-segmentasi-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar