Bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan
teknologi ?
Kemajuan
teknologi mempunyai peran penting bagi perkembangan kehidupan manusia. Kemajuan
teknologi selalu berkembang maju dan pesat seiring berjalannya waktu juga berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi
terbaru dan tercanggih untuk bersaing di era globlalisasi ini. Manusia tidak
dapat jauh dari teknologi salah satunya INTERNET. Kemajuan teknologi informasi yang
sangat pesat membuat perubahan drastis kepada perilaku konsumen. Sehingga
menjadikan para pelaku konsumen berubah ke arah moderenisasi. Seperti halnya
perkembangan teknologi dibidang informasi juga elektronik secara realistis
merubah gaya kehidupan masyarakat mulai dari perilaku,kebiasaan,kegiatan yang
notabennya adalah konsumen.
Contoh
perkembangan pesat teknologi informasi adalah internet. Internet berperan
penting bagi para pelaku konsumen terhadap minat mereka dalam mencari informasi
penting apapun yang ada di internet sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan begitu
kemajuan teknologi dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Sebagai contoh
kemajuan internet yang berpengaruh kehidupan manusia adalah facebook. Facebook merupakan
salah satu jejaring sosial yang sebagian penggunanya memanfaatkannya sebagai
tempat mempromosikan barang atau jasa yang mereka tawarkan. Tulisan di atas
merupakan gambaran bagaimana teknologi informasi berpengaruh terhadap perilaku
konsumen.
Manusia
membutuhkan informasi setiap kegiatan yang mereka jalani. Tetapi informasi pun
mempunyai berbagai makna dan arti dalam mendefinisikannya. Menurut Raymond
Coleman dan M.J. Riley, ”The criterion of an effective management
information system is that it provides accurate, timely, and meaningful data
for management planning, analysis, and control to optimize the growth of the
organization.”(kriteria bagi suatu system pengelolaan informasi yang
efektif adalah sistem tersebut dapat memberikan data dan informasi yang cermat,
tepat waktu, dan yang penting artinya bagi perencanaan, analisis, dan
pengendalian manajemen untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan suatu
organisasi).
Teknologi
informasi telah merambah keseluruh kalangan masyarakat, mulai dari kalangan tua
dan muda. Kebutuhan akan teknologi informasi setiap orang berbeda-beda, mereka
bisa mencari data informasi tentang pendidikan,hiburan,olahraga,dunia
bisnis,berita lokal maupun internasional. Segi positif dengan adanya teknologi
informasi pasti ada juga segi negatif yang ditimbulkan. Segi negatif yang berdampak
berbahaya yaitu kejahatan dunia maya(cybercrime) seperti penipuan,penyalah
gunaan situs-situs internet,juga pembajakan –pembajakan. Kemajuan informasi
akan berdampak tidak sehat apabila tidak dapat berhati-hati dalam menyerap
informasi yang beredar.
Dari data
informasi di atas, perkembagan teknologi informasi memicu kita para perilaku
konsumen agar lebih selektif dalam mendapatkan informasi di internet. Supaya informasi
yang didapatkan bisa memperluas pengetahuan dan tidak terjerumus ke arah yang
berdampak negatif.
NAMA :
Ratu gingga mentari
NPM :
15210675
KELAS :
3EA18
TUGAS :
Bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi.
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar