Minggu, 21 Oktober 2012

bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi?


Bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi ?

          Kemajuan teknologi mempunyai peran penting bagi perkembangan kehidupan manusia. Kemajuan teknologi selalu berkembang maju dan pesat seiring berjalannya waktu  juga berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi terbaru dan tercanggih untuk bersaing di era globlalisasi ini. Manusia tidak dapat jauh dari teknologi salah satunya INTERNET. Kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat membuat perubahan drastis kepada perilaku konsumen. Sehingga menjadikan para pelaku konsumen berubah ke arah moderenisasi. Seperti halnya perkembangan teknologi dibidang informasi juga elektronik secara realistis merubah gaya kehidupan masyarakat mulai dari perilaku,kebiasaan,kegiatan yang notabennya adalah konsumen.
          Contoh perkembangan pesat teknologi informasi adalah internet. Internet berperan penting bagi para pelaku konsumen terhadap minat mereka dalam mencari informasi penting apapun yang ada di internet sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan begitu kemajuan teknologi dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Sebagai contoh kemajuan internet yang berpengaruh kehidupan manusia adalah facebook. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sebagian penggunanya memanfaatkannya sebagai tempat mempromosikan barang atau jasa yang mereka tawarkan. Tulisan di atas merupakan gambaran bagaimana teknologi informasi berpengaruh terhadap perilaku konsumen.
          Manusia membutuhkan informasi setiap kegiatan yang mereka jalani. Tetapi informasi pun mempunyai berbagai makna dan arti dalam mendefinisikannya. Menurut Raymond Coleman dan M.J. Riley, ”The criterion of an effective management information system is that it provides accurate, timely, and meaningful data for management planning, analysis, and control to optimize the growth of the organization.”(kriteria bagi suatu system pengelolaan informasi yang efektif adalah sistem tersebut dapat memberikan data dan informasi yang cermat, tepat waktu, dan yang penting artinya bagi perencanaan, analisis, dan pengendalian manajemen untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan suatu organisasi).
          Teknologi informasi telah merambah keseluruh kalangan masyarakat, mulai dari kalangan tua dan muda. Kebutuhan akan teknologi informasi setiap orang berbeda-beda, mereka bisa mencari data informasi tentang pendidikan,hiburan,olahraga,dunia bisnis,berita lokal maupun internasional. Segi positif dengan adanya teknologi informasi pasti ada juga segi negatif yang ditimbulkan. Segi negatif yang berdampak berbahaya yaitu kejahatan dunia maya(cybercrime) seperti penipuan,penyalah gunaan situs-situs internet,juga pembajakan –pembajakan. Kemajuan informasi akan berdampak tidak sehat apabila tidak dapat berhati-hati dalam menyerap informasi yang beredar.
          Dari data informasi di atas, perkembagan teknologi informasi memicu kita para perilaku konsumen agar lebih selektif dalam mendapatkan informasi di internet. Supaya informasi yang didapatkan bisa memperluas pengetahuan dan tidak terjerumus ke arah yang berdampak negatif.

NAMA       : Ratu gingga mentari
NPM           : 15210675
KELAS       : 3EA18
TUGAS      : Bagaimana perilaku konsumen terhadap perkembangan teknologi.

SUMBER   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar