Senin, 22 Oktober 2012

segmentasi dalam strategi pemasaran


Bagaimana menggunakan segmentasi dalam strategi pemasaran?

          Di dalam sebuah strategi pemasaran terdapatlah suatu segmentasi untuk mencapai suatu pencapaian hasil yang telah direncanakan. Sebelum mengetahui definisi dari segmentasi pasar, terlebih dahulu mengetahui apa arti dari segmentasi itu sendiri. Segmentasi merupakan membagi sesuatu ke dalam segmen-segmen tertentu. Dan untuk arti dari segmentasi pasar yaitu suatu strategi dengan membagi target yang telah di tentukan ke dalam suatu kelompok kepada konsumen yang memilki kebutuhan umum yang sama.
  
 Haruskan di perlukan segmen?
          Segmentasi pemasaran sangatlah di perlukan apabila ingin mencapai target pasar yang luas. Apalagi di era globalisasi ini, sangat diperlukan untuk bersaing lebih unggul dalam memasarkan produknya di dunia bisnis internasional. Di dalam suatu perusahaan, seorang manager bertugas dalam mengatur bagaimana suatu strategi pemasaran pada segmen-segmen yang telah ditentukan dapat mencapai target yang telah disepakati. Penting sekali bagi seorang manager untuk mengerti apa sajakah yang dibutuhkan secara umum para konsumen dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Dengan begitu tugas perusahaan adalah mengerti bagaimana mana untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Kebutuhan para konsumen memang berbeda-beda tapi secara keseluruhan umum mereka menginginkan mutu dan kualitas yang terjamin.
          Bentuk yang paling spesifik dari segmentasi adalah dengan menganggap setiap konsumen/pembeli sebagai suatu segmen. Ini adalah dasar dari pemasaran one-to-one. Segmentasi yang sangat spesifik semacam ini bisa dilakukan untuk berbagai produk dan jasa yang terus berkembang karena adanya teknik untuk menyesuaikan produk dan jasa tersebut secara masal. Ini adalah pendekatan baru yang sangat bagus untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan unik dari para konsumen.
          Produk-produk yang didesain secara khusus mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan harga yang sebanding dengan produk-produk yang diproduksi masal lainnya. Penggunaan sistemCustomer Relationship Management (CRM) yang semakin meningkat mampu mengintegrasikan semua informasi tentang setiap konsumen ke dalam satu lokasi, sehingga menghasilkan peluang-peluang baru untuk mempelajari kebutuhan konsumen dari karakter dan perilaku belanja mereka yang sebenarnya.

NAMA       : Ratu gingga mentari
NPM           : 15210675
KELAS       : 3EA18
TUGAS      : Bagaimana menggunakan segmentasi dalam strategi pemasaran?

SUMBER   :
http://managedaily.co.id/column/index/category/sales_marketing/2497/0
http://aldiansyahjids.blogspot.com/2012/10/bagaimana-menggunakan-segmentasi-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar